About ERFIN SYAFRIZAL

Assalamualaikum wr wb. Salam Sejahtera.
Selamat datang di blog saya ini dengan url :https://erfins.wordpress.com.
Saya berasal dari kota Bogor Jawa Barat Indonesia.
Terima kasih sebelumnya saya ucapkan atas kunjungan dan perhatiannya.
Semoga bermanfaat.
Wassalam.

=================================================

QS Ali Imran: 110, Allah Swt. berfirman, “Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah …”

Allah Swt. berfirman, “Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putra Maryam. Yang demikian itu disebabkan mereka selalu durhaka dan melampuai batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu” (QS Al-Maidah: 78-79).
=================================================

TAQWA, Puncak Kemuliaan Jiwa Manusia

Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kalian disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa diantara kalian. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mendengar.” (TQS.49:13)

Segala Puji hanya Bagi Allah, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW. Alhamdulillah Allah telah memasukkan ke dalam hati kita dengan penuh lapang dada. Bukti-bukti sejarah yang berlimpah tentang kemuliaan umat Islam generasi pertama telah menjadi mutiara cemerlang yang tidak akan pernah redup untuk diingat.

Usman Bin Affan, seorang Milyuner di jaman Rasulullah telah masuk kedalam golongan orang-orang yang diketahui akan masuk surga ketika beliau masih hidup di dunia. Siapapun kita, apakah kita ini adalah golongan orang yang sedang kaya harta atau pula kita ini orang yang bercita-cita untuk menjadi kaya harta, maka mendapatkan suatu kepastian bahwa orang kaya rayapun bisa masuk surga yang mulia disisi Allah.

Mungkin pada hari ini ketika bermunculan berderet orang-orang kaya, hati ini bertanya tanya siapakah orang kaya raya harta yang pada hari ini mengikuti jejak sahabat Ustman bin Affan. Bagaimana karakter dan pribadinya, sepak terjangnya, hobinya dan aktifitas hariannya?, semua menjadi tanda tanya besar bagi umat islam dijaman ini.

Ambillah contoh cara berfikir yang mudah. Seseorang ada yang menggunakan sebuah pisau yang amat tajam hanya untuk bermain-main, karena tidak mengetahui manfaat besar pisau tersebut. Bahkan ada juga yang digunakan untuk menakut-nakuti orang lain untuk merampas hartanya. Namun sebuah pisau yang tajam akan dapat digunakan oleh seorang dokter bedah untuk mengeluarkan sebuah tumor ganas dari dalam tubuh seorang pasien, sehingga pasien menjadi selamat dari penyakit yang mematikan.

Ilmu, iman dan amal sholih yang telah diamalkan secara terus-menerus (taqwa) akan membimbing jiwa memiliki kwalitas yang sangat tinggi, sehingga memiliki langkah yang benar dan adil dalam mempergunakan segala nikmat yang telah Allah titipkan.

Jiwa para sahabat Rasulullah SAW, telah terbiasa disiplin mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah yang demikian kuat dalam meninggikan kwalitas jiwa. Walaupun mereka ada yang berprofesi pedagang, ahli bangunan, ahli kesehatan, ahli tanam-menanam, atau apapun profesinya, namun mereka semuanya memiliki pribadi jiwa yang sama yaitu jujur, adil, amanat, dan sederet sifat-sifat baik lainnya.

Umat Bin Khottob ketika telah menjadi amirul mu’minin, walaupun beliau mampu untuk mendapatkan fasilitas apa saja, namun beliau ketika disuguhi daging yang lezat, beliau berhati-hati dalam mensikapinya, jangan sampai kelezatan makanan yang disajikan itu akan melunturkan iman dan taqwanya.

Demikian hati-hati jiwa para sahabat dalam menghargai iman dan taqwa, sehingga walaupun seseorang sahabat itu telah bergelimang harta, pangkat dan penghormatan, namun jiwa dan hatinya senantiasa waspada, jangan sampai itu semua melunturkan iman dan taqwanya.

Maka demikian indah sikap dan tingkah laku para orang kaya, para pemimpin dan para orang-orang terpandang di jaman Rasulullah dan para Sahabatnya. Di dalam hati manusia-manusia yang rajin beribadah kepada Allah, telah muncul amal-amal islami yang ikhlash, yang akan selalu dikenang keindahannya dan kebaikannya sepanjang kehidupan umat manusia.

Iman dan Taqwa telah mengekalkan manusia didalam kemulyaan yang haqiqi. Walaupun mereka berlimpah dengan fasilitas dunia yang melimpah, namun ketaqwaan dan kesholehannya tidak akan terkikis oleh ujian dan godaan dunia.

Andaikan manusia di jaman ini mau menempuh kedisiplinan mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah disetiap waktu. Maka kwalitas manusia dijaman hari ini juga akan menggapai pula ketinggian.

Dalam zaman kapanpun ketaqwaan akan selalu membawa manusia untuk melambung tinggi, sebelum kemudian akan terus meninggi menuju Allah Tuhan yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia. Semoga Allah menuntun kita untuk mencintai jalan-jalan menuju ketinggian yang tidak akan pernah turun.

Wallahu’alam.

http://mta-online.com/v2/2009/09/05/ke-taqwaan-jiwa-puncak-kemuliaan-manusia/

29 Responses to “About ERFIN SYAFRIZAL”

  1. cikk Says:

    aww.apa kabar smoga sukses.Very goods!wass

  2. cikk Says:

    #
    erwanis Says:

    November 10, 2010 at 3:08 am

    ni satu lagi kembali ke islam.karena keberan quran.bangga deh ama Allah yang beri kita Quran.kita ni semua mau melihat wajah Allah.tapi orang yang ngga beriman pada Allah Tuhannya Jibril,Mikail,Israfil, Muhammad ngga bakalan melihat wajah Allah.Bau surga ja ngga keciuman nyang jaraknya 500 Th perjalanan.rugi dah.dikasi surga ngga mao 10 kali lipat dunia.Allah tu ngasi kayak orang tua ngasi guli ama anaknya.Allah itu Agung Maha Basar. masa punya anak.maka quran tuu mengkoreksi injil wajar kata mualaf mantan pendeta yang telah mengislamkan lebih dari 500 orang.

    Prof DR.Maurice Bucaille tak Ragu dengan Kebenaran Alquran

    Penelitiannya tentang Mumi Firaun membawanya pada kebenaran Alquran.

    Suatu hari di pertengahan tahun 1975, sebuah tawaran dari pemerintah Prancis datang kepada pemerintah Mesir. Negara Eropa tersebut menawarkan bantuan untuk meneliti, mempelajari, dan menganalisis mumi Firaun. Tawaran tersebut disambut baik oleh Mesir. Setelah mendapat restu dari pemerintah Mesir, mumi Firaun tersebut kemudian digotong ke Prancis. Bahkan, pihak Prancis membuat pesta penyambutan kedatangan mumi Firaun dengan pesta yang sangat meriah.

    Mumi itu pun dibawa ke ruang khusus di Pusat Purbakala Prancis, yang selanjutnya dilakukan penelitian sekaligus mengungkap rahasia di baliknya oleh para ilmuwan terkemuka dan para pakar dokter bedah dan otopsi di Prancis. Pemimpin ahli bedah sekaligus penanggung jawab utama dalam penelitian mumi ini adalah Prof Dr Maurice Bucaille.

    Bucaille adalah ahli bedah kenamaan Prancis dan pernah mengepalai klinik bedah di Universitas Paris. Ia dilahirkan di Pont-L’Eveque, Prancis, pada 19 Juli 1920. Bucaille memulai kariernya di bidang kedokteran pada 1945 sebagai ahli gastroenterology. Dan, pada 1973, ia ditunjuk menjadi dokter keluarga oleh Raja Faisal dari Arab Saudi.

    Tidak hanya anggota keluarga Raja Faisal yang menjadi pasiennya. Anggota keluarga Presiden Mesir kala itu, Anwar Sadat, diketahui juga termasuk dalam daftar pasien yang pernah menggunakan jasanya.

    Namanya mulai terkenal ketika ia menulis buku tentang Bibel, Alquran, dan ilmu pengetahuan modern atau judul aslinya dalam bahasa Prancis yaitu La Bible, le Coran et la Science di tahun 1976.

    Ketertarikan Bucaille terhadap Islam mulai muncul ketika secara intens dia mendalami kajian biologi dan hubungannya dengan beberapa doktrin agama. Karenanya, ketika datang kesempatan kepada Bucaille untuk meneliti, mempelajari, dan menganalisis mumi Firaun, ia mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menguak misteri di balik penyebab kematian sang raja Mesir kuno tersebut.

    Ternyata, hasil akhir yang ia peroleh sangat mengejutkan! Sisa-sisa garam yang melekat pada tubuh sang mumi adalah bukti terbesar bahwa dia telah mati karena tenggelam. Jasadnya segera dikeluarkan dari laut dan kemudian dibalsem untuk segera dijadikan mumi agar awet.

    Penemuan tersebut masih menyisakan sebuah pertanyaan dalam kepala sang profesor. Bagaimana jasad tersebut bisa lebih baik dari jasad-jasad yang lain, padahal dia dikeluarkan dari laut?

    Prof Bucaille lantas menyiapkan laporan akhir tentang sesuatu yang diyakininya sebagai penemuan baru, yaitu tentang penyelamatan mayat Firaun dari laut dan pengawetannya. Laporan akhirnya ini dia terbitkan dengan judul Mumi Firaun; Sebuah Penelitian Medis Modern, dengan judul aslinya, Les momies des Pharaons et la midecine. Berkat buku ini, dia menerima penghargaan Le prix Diane-Potier-Boes (penghargaan dalam sejarah) dari Academie Frantaise dan Prix General (Penghargaan umum) dari Academie Nationale de Medicine, Prancis.

    Terkait dengan laporan akhir yang disusunnya, salah seorang di antara rekannya membisikkan sesuatu di telinganya seraya berkata: ”Jangan tergesa-gesa karena sesungguhnya kaum Muslimin telah berbicara tentang tenggelamnya mumi ini”. Bucaille awalnya mengingkari kabar ini dengan keras sekaligus menganggapnya mustahil.

    Menurutnya, pengungkapan rahasia seperti ini tidak mungkin diketahui kecuali dengan perkembangan ilmu modern, melalui peralatan canggih yang mutakhir dan akurat.

    Hingga salah seorang di antara mereka berkata bahwa Alquran yang diyakini umat Islam telah meriwayatkan kisah tenggelamnya Firaun dan kemudian diselamatkannya mayatnya.

    Ungkapan itu makin membingungkan Bucaille. Lalu, dia mulai berpikir dan bertanya-tanya. Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi? Bahkan, mumi tersebut baru ditemukan sekitar tahun 1898 M, sementara Alquran telah ada ribuan tahun sebelumnya.

    Ia duduk semalaman memandang mayat Firaun dan terus memikirkan hal tersebut. Ucapan rekannya masih terngiang-ngiang dibenaknya, bahwa Alquran–kitab suci umat Islam–telah membicarakan kisah Firaun yang jasadnya diselamatkan dari kehancuran sejak ribuan tahun lalu.

    Sementara itu, dalam kitab suci agama lain, hanya membicarakan tenggelamnya Firaun di tengah lautan saat mengejar Musa, dan tidak membicarakan tentang mayat Firaun. Bucaille pun makin bingung dan terus memikirkan hal itu.

    Ia berkata pada dirinya sendiri. ”Apakah masuk akal mumi di depanku ini adalah Firaun yang akan menangkap Musa? Apakah masuk akal, Muhammad mengetahui hal itu, padahal kejadiannya ada sebelum Alquran diturunkan?”

    Prof Bucaille tidak bisa tidur, dia meminta untuk didatangkan Kitab Taurat (Perjanjian Lama). Diapun membaca Taurat yang menceritakan: ”Airpun kembali (seperti semula), menutupi kereta, pasukan berkuda, dan seluruh tentara Firaun yang masuk ke dalam laut di belakang mereka, tidak tertinggal satu pun di antara mereka”.

    Kemudian dia membandingkan dengan Injil. Ternyata, Injil juga tidak membicarakan tentang diselamatkannya jasad Firaun dan masih tetap utuh. Karena itu, ia semakin bingung.

    Berikrar Islam
    Setelah perbaikan terhadap mayat Firaun dan pemumiannya, Prancis mengembalikan mumi tersebut ke Mesir. Akan tetapi, tidak ada keputusan yang mengembirakannya, tidak ada pikiran yang membuatnya tenang semenjak ia mendapatkan temuan dan kabar dari rekannya tersebut, yakni kabar bahwa kaum Muslimin telah saling menceritakan tentang penyelamatan mayat tersebut. Dia pun memutuskan untuk menemui sejumlah ilmuwan otopsi dari kaum Muslimin.

    Dari sini kemudian terjadilah perbincangan untuk pertama kalinya dengan peneliti dan ilmuwan Muslim. Ia bertanya tentang kehidupan Musa, perbuatan yang dilakukan Firaun, dan pengejarannya pada Musa hingga dia tenggelam dan bagaimana jasad Firaun diselamatkan dari laut.

    Maka, berdirilah salah satu di antara ilmuwan Muslim tersebut seraya membuka mushaf Alquran dan membacakan untuk Bucaille firman Allah SWT yang artinya: ”Maka pada hari ini kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami.” (QS Yunus: 92).

    Ayat ini sangat menyentuh hati Bucaille. Ia mengatakan bahwa ayat Alquran tersebut masuk akal dan mendorong sains untuk maju. Hatinya bergetar, dan getaran itu membuatnya berdiri di hadapan orang-orang yang hadir seraya menyeru dengan lantang: ”Sungguh aku masuk Islam dan aku beriman dengan Alquran ini”.

    Ia pun kembali ke Prancis dengan wajah baru, berbeda dengan wajah pada saat dia pergi dulu. Sejak memeluk Islam, ia menghabiskan waktunya untuk meneliti tingkat kesesuaian hakikat ilmiah dan penemuan-penemuan modern dengan Alquran, serta mencari satu pertentangan ilmiah yang dibicarakan Alquran.

    Semua hasil penelitiannya tersebut kemudian ia bukukan dengan judul Bibel, Alquran dan Ilmu Pengetahuan Modern, judul asli dalam bahasa Prancis, La Bible, le Coran et la Science. Buku yang dirilis tahun 1976 ini menjadi best-seller internasional (laris) di dunia Muslim dan telah diterjemahkan ke hampir semua bahasa utama umat Muslim di dunia.

    Karyanya ini menerangkan bahwa Alquran sangat konsisten dengan ilmu pengetahuan dan sains, sedangkan Al-Kitab atau Bibel tidak demikian. Bucaille dalam bukunya mengkritik Bibel yang ia anggap tidak konsisten dan penurunannya diragukan. Sumber: Republika
    Reply
    #

  3. cikk Says:

    erwanis Says:

    November 10, 2010 at 6:47 am

    namanya aja uda sukaku eh klo nafsir ngga usah pake nafsu agama tu ikut Allah dan Rasul bukan ikut nafsu.disuruh sunatan yah potong ujungnya dikit ngga banyak lo,masih disisain, dilarang makan ibab ya jangan makan. penafsiran yang luaar biasa.eh tau ngga bahasa ibrani without vocal.injil itu dari isa nah ditulis dg bahasa ibrani.ana cari ngga ada tuh.injil bahasa ibrani menurut nabi isa ayo siapa punya.gimana mo terjemahannya????wong yang asli ja ngga da apalagi nafsirnya.lihat quran harus punya 15 cabang ilmu baru bisa nafsirnya.ni uda bahasa ibrani ngga ada nyang ada terjemahannya ajaib diatas ajaib.dedi codbuzer bisa geleng2 kepala kalah da gua sulapnya hebat.propaganda boleh da 100 tapi soal fakta 0 besar????????mana mau lawan quran.wong dari Allah.untung ja dikasi akal dikit klo nda yah kayak si x sekolah di SLB.xixixi eh koq gue ikut2an.biar ngga tegang juga nkali

    ni satu lagi pakar kelautan biar nambah peluru.seneng nyelam ngga2.jangan nyelem yang batil batil nanti kutilan sampai nafsirnya yang aneh2 belajar dulu 15 cabang ilmu baru jadi ahli tafsir.

    AHLI KELAUTAN KEMBALI KE ISLAM
    Sebelumnya saya sudah posting tentang Misteri sungai di bawah laut, Subhanallah sekarang orang yang menemukan sungai di bawah laut tersebut masuk Islam.

    Allah SWT berfirman :
    “Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi.” (Q.S Al Furqan:53)

    Jika Anda termasuk orang yang gemar menonton acara TV `Discovery Chanel’ pasti kenal Mr. Jacques Yves Costeau, ia seorang ahli Oceanografer dan ahli selam terkemuka dari Perancis. Orang tua yang berambut putih ini sepanjang hidupnya menyelam ke berbagai dasar samudera di seantero dunia dan membuat film dokumenter tentang keindahan alam dasar laut untuk ditonton oleh seluruh dunia.

    Pada suatu hari ketika sedang melakukan eksplorasi di bawah laut, tiba-tiba Captain Jacques Yves Costeau menemui beberapa kumpulan mata air tawar-segar yang sangat sedap rasanya karena tidak bercampur/tidak melebur dengan air laut yang asin di sekelilingnya, seolah-olah ada dinding atau membran yang membatasi keduanya.

    Fenomena ganjil itu membuat bingung Mr. Costeau dan mendorongnya untuk mencari tahu penyebab terpisahnya air tawar dari air asin di tengah-tengah lautan. Ia mulai berpikir, jangan-jangan itu hanya halusinansi atau khalayan sewaktu menyelam. Waktu pun terus berlalu setelah kejadian tersebut, namun ia tak kunjung mendapatkan jawaban yang memuaskan tentang fenomena ganjil tersebut.

    Sampai pada suatu hari ia bertemu dengan seorang profesor muslim, kemudian ia pun menceritakan fenomena ganjil itu. Profesor itu teringat pada ayat Al Quran tentang bertemunya dua lautan (surat Ar-Rahman ayat 19-20) yang sering diidentikkan dengan Terusan Suez. Ayat itu berbunyi “Marajal bahraini yaltaqiyaan, bainahumaa barzakhun laayabghiyaan…” Artinya: “Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing.” Kemudian dibacakan surat Al Furqan ayat 53 di atas.

    Selain itu, dalam beberapa kitab tafsir, ayat tentang bertemunya dua lautan tapi tak bercampur airnya diartikan sebagai lokasi muara sungai, di mana terjadi pertemuan antara air tawar dari sungai dan air asin dari laut. Namun tafsir itu tidak menjelaskan ayat berikutnya dari surat Ar-Rahman ayat 22 yang berbunyi “Yakhruju minhuma lu’lu`u wal marjaan” Artinya “Dari keduanya keluar mutiara dan marjan.” Padahal di muara sungai tidak ditemukan mutiara.

    Terpesonalah Mr. Costeau mendengar ayat-ayat Al Qur’an itu, melebihi kekagumannya melihat keajaiban pemandangan yang pernah dilihatnya di lautan yang dalam. Al Qur’an ini mustahil disusun oleh Muhammad yang hidup di abad ke tujuh, suatu zaman saat belum ada peralatan selam yang canggih untuk mencapai lokasi yang jauh terpencil di kedalaman samudera.

    Benar-benar suatu mukjizat, berita tentang fenomena ganjil 14 abad yang silam akhirnya terbukti pada abad 20. Mr. Costeau pun berkata bahwa Al Qur’an memang sesungguhnya kitab suci yang berisi firman Allah, yang seluruh kandungannya mutlak benar. Dengan seketika dia pun memeluk Islam.
    Subhanallah… Mr. Costeau mendapat hidayah melalui fenomena teknologi kelautan. Maha Benar Allah yang Maha Agung. Shadaqallahu Al `Azhim. Rasulullah s.a.w. bersabda:

    “Sesungguhnya hati manusia akan berkarat sebagaimana besi yang dikaratkan oleh air.” Bila seorang bertanya, “Apakah caranya untuk menjadikan hati-hati ini bersih kembali?” Rasulullah s.a.w. bersabda, “Selalulah ingat mati dan membaca Al Quran.”
    Wallahu a’lam bishawab.

    • Artikel ini ditulis oleh Admin Islamic.Net
    • Diterbitkan pada hari : 5:55 AM
    • Dalam kategori : Hikmah, islam, Pengetahuan
    • Telah dibaca sebanyak 5 kali, 20 meninggalkan komentar
    • Semoga artikel di blog kami memberikan manfaat yang lebih untuk anda

    Jika ada yang ingin copy artikel dari blog ini dengan judul Penemu Sungai di bawah Laut Masuk Islam, kami (admin Islamic.Net) harap sertakan URL berikut http://saga-islamicnet.blogspot.com/2010/03/penemu-sungai-di-bawah-laut-masuk-islam.html , dan kabari kami Disini «« [di klik], terima kasih atas perhatiannya

    Silahkan selengkapnya berkunjung ke http://saga-islamicnet.blogspot.com/2010/03/penemu-sungai-di-bawah-laut-masuk-islam.html#ixzz14qbCppBb

    mohon maaf sama yang punya blog g udah minta ijin copy tpi ngga msuk2

  4. Antok Yudha Says:

    semua pikiranmu adalah kesia-siaan kawan…..

  5. Rodrigo Says:

    Hello! I could have sworn I’ve been to this website before but after reading
    through some of the post I realized it’s new to me.
    Anyhow, I’m definitely happy I found it and I’ll be bookmarking and checking back frequently!

  6. Removal Companies London Says:

    Good day! This is my first visit to your blog!
    We are a team of volunteers and starting a new initiative
    in a community in the same niche. Your blog provided us useful information to work
    on. You have done a extraordinary job!

  7. landscape design melbourne Says:

    I used to be recommended this web site by way of my cousin.
    I’m not certain whether or not this put up is written by him as
    nobody else realize such detailed about my trouble. You are incredible!
    Thank you!

  8. 94-23-87-78.kimsufi.com Says:

    Hey there! Quick question that’s totally off topic.
    Do you know how to make your site mobile friendly?
    My weblog looks weird when browsing from my iphone4. I’m trying to
    find a theme or plugin that might be able to correct this issue.
    If you have any recommendations, please share. Many thanks!

  9. Auto Repair in Little Rock Arkansas Says:

    Heya! I just wanted to ask if you ever have any problems with hackers?

    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing several weeks of hard work
    due to no backup. Do you have any solutions to prevent hackers?

  10. http://investing.businessweek.com/research/stocks/private/snapshot.asp?privcapId=53942138 Says:

    Once this payment is made by the Federal government directly to
    the health health insurance 50 year old male insurance plans generally offer a
    wide range of deductible and copayment options from which to choose.
    Now, I’m going to be more prepared and much more. Some of the network with the difference being that the cost could be
    very heavy burden for the company. Ironically, in the current debate over healthcare reform, the system is far from
    fixed.

  11. Auto Shop in Central Arkansas Says:

    Somebody necessarily assist to make critically posts I’d state.
    This is the very first time I frequented your website page and
    so far? I surprised with the analysis you made to create
    this particular put up extraordinary. Fantastic process!

  12. Earle Says:

    Hey there just wanted to give you a quick heads up.
    The words in your article seem to be running
    off the screen in Ie. I’m not sure if this is a format issue or
    something to do with internet browser compatibility but I figured
    I’d post to let you know. The design look great though! Hope you get the issue solved
    soon. Kudos

  13. dragon city cheat Engine 6.1 english Says:

    Mal,en bonne santé doigt comme baignade
    de devant monde dragon city cheat engine without surveys.
    résumé à travers bar dragon city cheats no survey or
    password.

  14. deng xiao ping Says:

    http://www.youtube.com/watch?v=o-unZvS325I melayu(melanesian) big nations in the world

  15. Cara Memutihkan Kulit Says:

    Terrific article! This is the type of info that are supposed to be shared
    around the internet. Shame on the search engines for no longer positioning this post upper!
    Come on over and seek advice from my site . Thank you =)

  16. Branden Says:

    I’m extremely impressed with your writing skills and also with the
    layout on your blog. Is this a paid theme or did you customize it yourself?

    Either way keep up the excellent quality writing, it’s rare to see a nice blog like this one nowadays.

  17. Shawnee Says:

    My spouse and I stumbled over here from a different web page and thought I should check things out.
    I like what I see so i am just following you. Look forward to exploring your web page repeatedly.

  18. Elvis Says:

    I have read so many content about the blogger lovers but this
    paragraph is actually a good article, keep it up.

  19. Lachlan Says:

    Hello! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very
    good gains. If you know of any please share. Thank you!

  20. Vilma Says:

    If some one wishes to be updated with newest technologies therefore
    he must be pay a quick visit this web page and be
    up to date every day.

  21. Samara Says:

    This is my first time go to see at here and i am genuinely happy
    to read everthing at single place.

  22. Ira Says:

    What’s up, just wanted to mention, I enjoyed this blog post.
    It was practical. Keep on posting!

  23. Deana Says:

    I have been exploring for a little for any high-quality articles or blog posts
    in this sort of area . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this website.
    Reading this information So i’m satisfied to express
    that I’ve an incredibly good uncanny feeling I came upon exactly what I
    needed. I such a lot certainly will make certain to do
    not overlook this web site and provides it a look regularly.

  24. Wendy Says:

    Hi there, just wanted to tell you, I enjoyed this article.

    It was practical. Keep on posting!

  25. Floyd Says:

    When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and
    now each time a comment is added I get four e-mails
    with the same comment. Is there any way you can remove me from that service?

    Thanks!

  26. Leonie Says:

    I was recommended this blog by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my difficulty.
    You are amazing! Thanks!

  27. company of heroes 2 western front trailer Says:

    Great info. Lucky me I came across your website by chance (stumbleupon).
    I have bookmarked it for later!

  28. Kaos Bapak Sholeh Says:

    Jazakallah khair, salam kenal dari Jogja mas..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: