Hijaab di Amerika

Hijaab di Amerika Jun 1, ’08 1:39 AM

for everyone

Pertanyaan:

Mengapa Islam merendahkan derajat wanita dengan menyembunyikan diri dalam kerudung?

Jawab:

Status wanita Muslimah sering dijadikan target serangan media sekuler. Pakaian Muslimah diposisikan sebagai contoh (penaklukan) wanita di bawah Hukum Islam. Sebelum menganalisa latar belakang dibalik perintah agama ttg hijab tsb, kita akan tinjau bagaimana status wanita dalam masyarakat pra-Islam.

1. Di masa lalu, derajat wanita sangat rendah dan digunakan sebagai budak nafsu.

Banyak bukti sejarah peradaban masa lalu yang menggambarkan wanita memiliki status rendah, bahkan sampai pada tingkat sebagai bukan ras manusia.

1. Peradaban Babilonia

Di bawah Hukum Babilonia wanita tidak memiliki hak. Jika seorang laki-laki membunuh seorang wanita, maka laki-laki tsb dihukum dengan membunuh istrinya.

2. Peradaban Yunani

Peradaban Yunani dinilai sebagai peradaban teragung masa lalu. Di bawah sistem ini, hak wanita dirampas. Dalam mitos Yunani, ada wanita bernama Pandora, yang menimbulkan kemalangan manusia karena selalu mencip-takan kesulitan. Orang Yunani menganggap wanita adalah makhluk di bawah manusia (sub human), lebih rendah dari orang. Meskipun kesucian wanita itu barang mahal dan mendapat tempat yang tinggi, namun berikutnya wanita menjadi objek pelacuran di semua kalangan masyarakat Yunani.

3. Peradaban Romawi

Ketika Peradaban Romawi mencapai puncak, seorang laki-laki punya hak membunuh isteri. Pelacuran dan telanjang di depan umum adalah hal biasa.

4. Peradaban Mesir

Orang mesir menganggap wanita adalah jahat dan penjelmaan setan.

5. Arab pra Islam

Sebelum Islam menyebar di Arab, masyarakat arab memandang hina wanita. Bayi wanita dikuburkan dalam keadaan hidup.

2.Islam mengangkat status wanita dan memberi persamaan dan agar mempertahankan status mereka.

Islam mengangkat status wanita dan memberi haknya itu baru pada 1400 th yll. Islam menyuruh wanita memperta-hankan statusnya.

Hijaab untuk pria

Masyarakat biasanya hanya memba-has hijaab dalam konteks wanita. Padahal dalam Al-Quran, Allah SWT pertamakali menyinggung hijaab utk pria baru kemudian hijaab utk wanita. Dalam Quran surat An-Nuur [24 : 30],

“Katakan kepada laki-laki yang beriman meeka supaya menundukkan pandang-annya dan menjaga kemaluannya ; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mere-ka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.

Ketika lelaki memandang perempuan dan terlintas di benaknya sikap pongah serta tidak senonoh maka lelaki tersebut harus menundukkan pandangannya.

Hijab untuk wanita

Ayat berikutnya :

Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangan-nya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhi-asannya, kecuali yang (biasa) nampak daripadanya. Dan hendaklah mereka me-nutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka …

surat An-Nur [24:31].

3. Enam kriteris Hijaab.

Menurut Al-Qur’An Dan Sunnah pada dasar-nya ada enam kriteria tentang hijaab:

1. Lebar kain:

Kriteria pertama berkenaan dengan seberapa luas tubuh yang harus ditutup. Inilah yang membedakan bagi laki-laki dan perempuan. Kewajiban bagi laki-laki adalah menutup minimal dari pusar sampai lutut. Kewajiban bagi wanita adalah menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan sampai pergelangan. Bila mau, boleh menutup lebih dari bagian tubuh yang wajib ditutup. Beberapa sarjana Islam meminta dengan tegas bahwa wajah dan tangan merupa-kan bagian yang harus ditutup hijab.

Sedangkan lima kriteria yang lain, bagi laki-laki dan perempuan sama.

2. Pakaian yang dikenakan harus longgar dan tidak menampakkan bentuk tubuh.

3. Pakaian yang dikenakan tidak boleh transparan

4. Pakaian yang dikenakan tidak boleh yang glamour shg menarik perhatian lawan jenis.

5. Pakaian yang dikenakan tidak menyerupai lawan jenis.

6. Pakaian yang dikenakan tidak boleh menyerupai pakaian orang kafir, yaitu pakaiannya tidak boleh mengandung identitas tertentu atau simbol2 tertentu dari orang kafir.

4. Hijaab mencakup aktifitas dan perilaku lainnya

Hijaab yang sempurna disamping meme-nuhi 6 kriteria berpakaian juga harus diikuti dengan perbuatan yang santun dalam perilaku, sikap dan tujuan pemakainya. Semata-mata mengenakan hijaab, hal ini baru memenuhi kriteria ber-hijab dalam pengertian terbatas.

Berpakaian hijaab harus diikuti dengan hijaab di mata, hijaab di hati, pikiran dan niat. Jadi pemahaman ber-hijab itu harus melibatkan cara dia berjalan, cara dia bertutur-kata, cara dia bertindak dll.

5. Hijaab mencegah penganiayaan

Alasan mengapa Hijaab ditentukan untuk wanita-wanita, hal ini termaktub dalam Al-Quran surat Al-Ahzab :

” O Nabi! Katakan kepada istri dan puteri-mu, dan wanita-wanita yang beriman agar mereka melabuhkan pakaian luar mereka keseluruh tubuhnya ( ketika bepergian); itu adalah pakaian yang paling nyaman bagi-nya, shg lebih dikenal dan tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun dan lagi Maha Penyayang.” [Al-Ahzab 33:59]

Al-Qur’an mengatakan bahwa Hijaab telah ditentukan bagi wanita-wanita agar supaya mereka dikenal sebagai wanita yang rendah hati dan juga mencegah dari gangguan (aniaya)

6. Contoh saudari kembar

Misalkan ada dua saudari kembar, sama-sama cantik, sedang melenggang di jalan.

Salah seorang berpakaian Hijaab Islam yaitu seluruh tubuhnya tertutup kecuali wajah dan teapak tangannya. Saudara kembarnya memakai pakaian barat, yaitu celana pendek atau rok mini.

Di sekitar itu ada seorang berandal atau pencoleng yang hobinya menganggu anak perempuan. Siapa yang akan dia goda? Yang memakai Hijaab ataukah yang memakai rok mini? Secara alami berandal tertarik kepada wanita dengan rok mini. Pakaian demikian secara tidak langsung menggoda syahwat lawan jenis (berandal) berbuat maksiat. Sungguh tepat Al-Quran mengatakan bahwa Hijaab mencegah wanita dari gangguan.

7. Hukuman mati bagi pemerkosa

Dalam Hukum Islam, laki-laki yang memperkosa perempuan, diberi hukuman mati. Banyak orang yang dikejutkan pada hukuman keras ini. Mereka mengatakan bahwa Islam adalah agama liar dan bengis. Saya (penulis ini) sudah mengajukan pertanyaan sederhana kepada beratus-ratus orang non-Muslim. Misalnya, Allah melarang seseorang memperkosa isterimu, ibumu atau saudarimu. Kamu sebagai hakim dan sekarang pemerkosa itu di depan kamu. Apa hukuman yang akan kamu berikan? Semua berkata akan membunuh dia. Sebagian mengatakan akan menyiksa sampai mati. Lantas saya berkata, jika seseorang memperkosa isterimu atau ibumu maka kamu ingin membunuhnya. Namun jika perkosaan itu dilakukan pada isteri atau putri orang lain kamu katakan bahwa hukuman mati adalah liar. Mengapa dalam hal ini mereka melakukan double standar (dua hukum yang berbeda pada masalah yang sama)?

8. Masyarakat barat secara licik mengaku telah mengangkat derajat wanita

Pembicaraan masyarakat barat tentang kebebasan wanita tidak lain hanyalah bentuk perkosaan terselubung (a disguised form of exploitation) tubuh wanita, penurunan status jati diri wanita (degradation of her soul), dan perampokan kehormatan wanita (deprivation of her honour). Bagi mereka hal itu adalah mengangkat derajat wanita. Padahal, sesungguhnya mereka merendahkan derajat wanita kepada status wanita simpanan (concubines = selir=selingkuhan), nyonya rumah (mistresses = wanita rumahan) dan pelacur masyarakat (society butterflies). Wanita semata-mata dianggap alat untuk mencari kesenangan dan perdagangan sex, dengan bersembunyi di balik gemerlap budaya dan seni.

9. AS memiliki tingkat perkosaan paling tinggi

Amerika Serikat merupakan salah satu negara di dunia yang paling maju. Amerika Serikat juga merupakan negara dengan tingkat perkosaan tertinggi di dunia. Laporan FBI mengatakan bahwa pada tahun 1990 rata-rata setiap hari ada 1.756 kasus perkosaan di AS. Laporan terbaru lainnya, tanpa menyebutkan tahun, mengatakan bahwa rata-rata per hari ada 1.900 kasus perkosaan. Laporan terakhir ini mungkin tahun 1992 atau 1993. Boleh jadi pada tahun2 data rata-rata perkosaan di Amerika per hari lebih meningkat lagi.

Perhatikan suatu skenario jika Hijaab Islam diikuti Amerika. Kapan pun seorang laki-laki menatap perempuan dan dikala terbit pikiran yang tidak senonoh atau keangkuhan datang dibenaknya, ia menurunkan tatapannya. Setiap wanita mengenakan Hijaab Islam, yaitu seluruh badan ditutup kecuali wajah dan pergelangan tangan. Setelah ini bila ada melakukan perkosaan ia diberi hukuman mati. Aku bertanya kepadamu, dalam skenario demikian, akankah tingkat perkosaan di Amerika, akan tetap sama, atau akan berkurang?

10. Penerapan Syariah Islam akan mengurangi tingkat perkosaan

Bila Syariah Islam segera diterapkan maka hasil yang positif akan segera dirasakan. Jika Syariah Islam diterapkan di bagian-manapun di dunia, apakah itu Amerika atau Eropa, maka masyarakat akan dapat menghirup nafas lega. Hijaab tidak menurunkan derajat seorang perempuan tetapi justru mengangkat dan melindungi wanita dari kesantunan dan kesucianya..

http://maxson1962.multiply.com/journal/item/68

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: