General Motors, Raksasa Otomotif yang Terjerat Kerugian

General Motors, Raksasa Otomotif yang Terjerat Kerugian

Takut Utang Tak Terbayar, Investor Cari Perlindungan
Persaingan ketat di bisnis otomotif bakal makan korban. Produsen otomotif terbesar di dunia, General Motors (GM), kini terancam gulung tikar. Penjualan yang terus melorot dari waktu ke waktu jadi biang keladinya.

Sungguh ironi. Ketika raksasa otomotif Jepang seperti Toyota, Nissan, atau Honda berhasil meraup laba, produsen asal AS seperti GM atau Ford Motor justru menelan kerugian. Kerugian yang diderita GM dan Ford pun tidak main-main. Selama sembilan bulan pertama 2005, GM yang berbasis di Detroit, AS, itu menelan kerugian USD 4 miliar (sekitar Rp 40 triliun). Kerugian sebesar itu dipicu tingginya upah pekerja dan naiknya harga raw materials seperti baja, ditambah seretnya penjualan tahun ini. Sementara Ford “hanya” menelan kerugian USD 284 juta (sekitar Rp 2,84 triliun) per kuartal ketiga 2005.

Kondisi yang mengkhawatirkan tersebut tentu membuat resah kreditor dan pemegang saham. Saat ini, semakin banyak kreditor dan investor GM yang berusaha mengasuransikan aset-asetnya seandainya GM bangkrut dalam 12 bulan ke depan. “Terus anjloknya penjualan mobil GM membuat kreditor dan investor resah,” tutur John Tierney, analis finansial dari Deutsche Bank Securities di New York, kemarin.

Saking banyaknya investor dan kreditor GM yang membeli polis asuransi perlindungan aset, tarif premi yang harus dibayar melonjak tajam. Bahkan, trennya terus meningkat secara dramatis dalam beberapa hari terakhir. “Pasar sedang panik. Banyak investor yang melihat skenario terburuk bisa datang lebih cepat,” imbuh John Tierney.

Namun juru bicara GM, Jerry Dubrowski, membantah perusahaannya terancam kolaps. Justru dia menjamin perseroan memiliki dana tunai USD 19 miliar (sekitar Rp 190 triliun) di tangan. “Kita masih punya dana segar yang siap digunakan sewaktu-waktu,” sebutnya.

Terlepas benar tidaknya hal itu, yang jelas akibat kerugian yang diderita, utang GM terus menggunung. Total jenderal, utang GM termasuk obligasi yang diterbitkan divisi General Motors Acceptance Corp mencapai USD 276 miliar (sekitar Rp 2.760 triliun). Dari jumlah sebesar itu, ada obligasi senilai USD 31 miliar (sekitar Rp 310 triliun) yang sudah masuk kategori junk bond alias sudah di bawah investment grade.

Selain itu, GM juga terus kehilangan market share-nya di AS dan dunia. Di Negeri Paman Sam yang notabene kandangnya sendiri, pasar GM telah digerogoti produsen Jepang, seperti Toyota, Nissan, dan Honda. Bahkan, Toyota tinggal menunggu waktu lagi untuk menggusur GM sebegai perusahaan otomotif terbesar di dunia setelah menggeser Ford yang puluhan tahun bertengger di posisi dua.

Chairman dan CEO GM Rick Wagoner, mengatakan bahwa bisnis otomotif tidak sama dengan industri penerbangan. Perusahan penerbangan bisa bangkrut seketika dalam tempo relatif cepat. Sedangkan perusahan otomotif memiliki tahapan sebelum menuju kebangkrutan. “Ketika Anda membeli mobil, itu adalah keputusan besar. Anda pasti berharap bisa memilikinya selama mungkin. Dan konsumen yang membeli mobil kami saat ini pasti masih percaya GM masih akan bertahan lama,” paparnya. Awal pekan lalu, harga saham GM di Wall Street anjlok dan tinggal separo dari level tertinggi mereka selama 52 minggu. (ap/tia)
sumber : http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=4&t=3155&view=next

One Response to “General Motors, Raksasa Otomotif yang Terjerat Kerugian”

  1. sofwan.kalipaksi Says:

    General Motors identik dengan Detroit. Malang, sebagai sebuah kota, Detroit sudah memulai kehancurannya.

    Detroit, kota yang pernah menjadi kota terbesar ke-4 di Amerika Serikat diambang kehancuran. Pernah menjadi pusat industri otomotif Amerika. General Motor, Ford, dan Chrysler berpusat di sini. Kini, Majalah TIME menyebutnya “Kota Hantu” karena kota ini ditinggalkan penduduknya. Detroit, sebuah kota yang penuh bangunan kosong. Menyedihkan.

    Link:
    http://kalipaksi.com/2009/10/13/anomali-detroit/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: