Makanan dan kecerdasan

10 Makanan Yang Terbukti Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Sumber: http://makalahkitasemua.blogspot.com/2012/06/10-makanan-yang-terbukti-dapat.html#ixzz2DrbUUn3b

Makalah Kita Semua – Info Sehat Kita Semua – 10 Makanan Yang Terbukti Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak. Semua orang ingin memiliki kecerdasan otak yang luar biasa. Untuk mencapai hal itu banyak hal yang dapat dilakukan seperti 10 Cara Meningkatkan Kekuatan Otak dan 10 Makan Yang Baik Untuk Kesehatan Otakmengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kecerdasan otak serta menjauhi Kebiasaan yang dapat merusak otak. Berikut ini ada 10 Makanan Yang Terbukti Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak, tentunya alami dan organik:
1. Buah Berry
Berries penguat otak, dan untuk alasan yang berbeda. Raspberry dan blueberry mengandung senyawa antosianin yang melindungi neuron otak yang terkait dengan memori. Senyawa fisetin Stroberi ‘membangun jangka panjang kekuatan memori. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa makan sekitar satu cangkir blueberry sehari nyata dapat meningkatkan daya ingat hanya dalam beberapa bulan.

2. Buah Apple
“Sebuah apel sehari membuat jauh dari dokter” selogan itu sangat tepat, karena buah ini mengandung katekin yang tangguh, zat yang terbukti dalam melindungi otak kita dari yang bahan kimia merusak otak. Pastikan untuk memilih apel organik; karena katekin terdapat dalam kulit buah.

3. Dark Chocolate (coklat Murni)
Senyawa flavonol dalam cokelat gelap membantu meningkatkan sistem peredaran darah Anda, mempromosikan aliran darah yang lebih baik ke otak. Bahkan, mereka bahkan bisa meningkatkan kemampuan matematika Anda. Sebuah studi 2009 meminta peserta penelitian untuk menghitung mundur dalam kelompok tiga menemukan bahwa mereka yang minum flavonol berbahan bakar cokelat panas dihitung lebih cepat dan kurang mungkin merasa lelah atau mental terkuras.

4. Biji Labu
Biji labu adalah harta kecil diisi dengan triptofan, sebuah blok bangunan penting dari kesehatan otak digunakan untuk membuat serotonin, komponen kunci dari suasana hati dan kesehatan otak.

5. Cabe Rawit
Cabai yang penuh dengan capsaicin, senyawa yang paling terkenal untuk penggunaannya sebagai pejuang lemak alami dan pereda nyeri. Namun menurut penulis Diet Kebahagiaan Tyler Graham dan Drew Ramsey, MD, otak kita mendapatkan keuntungan dari senyawa panas kemasan juga. Otak manusiasebenarnya sarat dengan reseptor untuk capsaicin, yang melepaskan stres-mengurangi endorfin, sehingga lebih mudah bagi kita untuk fokus.

6. Kubis
Berikut adalah alasan yang baik untuk makan Anda kubis. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa tanaman silangan dikemas dengan molekul yang tubuh kita diubah menjadi diindolymethane, kekebalan-sistem booster yang membantu melindungi sel-sel otak baru. Kandungan antioksidan yang membantumembersihkan penyebab kanker radikal bebas, limbah produk tubuh Anda ketika menggunakan bahan bakar untuk membuat energi.

7. Brokoli
Sama seperti kubis, kol dan kubis silangan sepupu, brokoli, kembang kol dan bertindak sebagai potensial anti-penuaan agen untuk otak. Sebuah Harvard Medical School penelitian terhadap lebih dari 13.000 wanita menemukan bahwa mengonsumsi sayuran menurunkan usia otak dengan 1 sampai 2 tahun. Uang tabungan tip? Brokoli adalah super mudah tumbuh segar dan organik di halaman belakang Anda.

8. Beets (bit)
Bit membawa vitamin B untuk permainan otak. Nutrisi ini penting membantu Anda dengan cepat mengolah data dan memilah-milah kenangan Anda. Bit segar bahkan berfungsi sebagai antidepresan alami! Tumis sayuran dan makan bit juga. Mereka dikemas dengan hati-melindungi folat. Pastikan untuk menghindaribit kalengan; wadah yang mungkin dilapisi dalam A bisphenol, atau BPA, bahan kimia yang mengganggu sistem alam kita hormon.

9. Ikan Teri
Otak Anda berkembang pada omega-3 asam lemak. Lemak tak jenuh ganda membantu melindungi otak Anda dari penuaan dipercepat dan kehilangan memori, sementara mengusir depresi dan suasana hati yang buruk. Teri meningkatkan 10 kali omega-3 tingkat yang tuna dilakukan dan jauh lebih rendah dikontaminan makanan laut berbahaya seperti merkuri. Sebagai sisi manfaat, ikan kecil juga sarat dengan tulang-bangunan vitamin D dan kalsium.

10. Telur Organik (telur ayam kampung)
Sama seperti ikan teri, telur digembalakan yang penuh sesak otak melindungi omega-3 asam lemak. Telur bahkan disebut sebagai makanan otak yang sempurna! Tapi tidak semua telur diciptakan sama. Telur dari ayam digembalakan-yang dibesarkan di luar di rumput hijau padang rumput-mengandung dua kali lebih banyak omega-3 dari standar yang dibeli di toko telur, dan tiga kali lebih banyak terjadi secara alamiah vitamin E, obat penawar ampuh Alzheimer antidepresan dan kemungkinan penyakit. Pastikan untuk makan kuning-digembalakan telur kaya akan kolin, suatu senyawa otak-meningkatkan yang mempromosikan kesehatan neurotransmitter.

Nah, itulah 10 Makanan Yang Terbukti Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak. Selamat mencoba 10 Makanan Yang Terbukti Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak.

Sumber:
health.yahoo.com

Sumber: http://makalahkitasemua.blogspot.com/2012/06/10-makanan-yang-terbukti-dapat.html#ixzz2DrbR1IbF

============

10 Makanan untuk Kecerdasan Anak

February 8th, 2011 | Tips |  Tagged 

Penelitian membuktikan, kekurangan 1 mineral dan vitamin yang penting untuk otak bisa menurunkan kesiagaan mental otak. Pola makan yang kaya buah dan sayuran, gandum, ditambah dengan daging dan ikan dapat mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin utama yang diperlukan bagi kesehatan fisik dan mental.

Apa saja bahan makanan yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi serta berpikir anak-anak? Berikut 10 bahan makanan yang dianjurkan oleh dr Saridian Satrix W, SpGK:

1. Salmon
Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 -DHA dan EPA- yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan, orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Kandungan asam lemak omega 3 untuk per 100 gram ikan salmon adalah 2,2 gram. Kebutuhan anak-anak akan omega 3 per hari adalah 1,2 gram.

2. Telur
Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. Kandungan kolin dalam 1 butir telur berukuran besar adalah 126 mg. Bandingkan dengan 2 sendok makan selai kacang yang hanya mengandung 20 mg dan 300 gram daging sapi degan kandungan 66 mg kolin. Kebutuhan anak-anak akan kolin 200-375 mg per hari.

3. Selai kacang
Kacang tanah (peanut) yang banyak diolah menjadi selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi. Setiap 2 sendok makan selai kacang mengandung 2,9 mg vitamin E, sedangkan kebutuhan anak-anak per hari antara 4-10 mg.

4. Kacang-kacangan lain
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat maakn siang. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya, khususnya ALA, jenis asal omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

5. Gandum murni

Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf. Gandum mengandung vitamin B sebanyak 1,5 mg per 100 gram. Sedangkan kebutuhan vitamin B pada anak-anak adalah 1 mg per hari.

6. Havermut
Havermut merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan gizi penting bagi otak. Havermut dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan anak-anak mengawali aktivitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, havermut akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Havermut juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potasium,d an seng yang membuat tubuh dan otak berfungsi pada kapasitas penuh. Kandungan vitamin E pada 250 gram havermut adalah 0,08 mg. Kandungan vitamin B 0,26 mg per 250 gram havermut dan seng 6,19 mg per 250 gram havermut.

7. Beri

Kelompok keluarga beri (stroberi, ceri, bluberi), semakin kuat warnanya semakin banyak zat gizi yang dikandungnya. Beri mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak bluberi dan stroberi mengalami perbaikan dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah beri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega 3.

8. Sayuran berwarna

Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, dan bayam adalah sayuran yang kaya gizi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

9. Susu dan yoghurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis zat gizi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Susu dan yoghurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

10. Daging sapi tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak zat besi. Kandungan zat besi dalam 100 gram daging sapi adalah 4,05 mg. Sedangkan kebutuhan akan zat besi pada anak-anak adalah 3-10 mg per hari. (kompas)

http://deniborin.blogdetik.com/2011/02/08/10-makanan-untuk-kecerdasan-anak/

=======

Setiap kita belajar, berpikir, dan melakukan berbagai kegiatan, kita memerlukan kinerja otak. Jika otak kekurangan nutrisi maka dapat mempengaruhi kinerjanya, seperti lambat berpikir, kemampuan mengingat menurun. Oleh karena itu kita membutuhkan sarapan atau makanan yang bergizi setiap harinya agar nutrisi buat otak terpenuhi,

sehingga kinerja otak dapat maksimal. Berikut ini adalah 15 makanan yang tepat untuk meningkatkan kecerdasaan otak.

  1. Ikan. Studi menunjukkan bahwa minyak ikan sangat cocok untuk fungsi otak, karena lebih dari 50% dari otak terdiri dari lipid. Asam lemak Omega 3 yang ditemukan dalam ikan salmon, sarden dan tuna baik untuk menjaga neurilemma, menghasilkan sel-sel otak dan meremajakan fungsi mereka.
  2. Pisang. Studi menunjukkan bahwa pisang kaya akan kalium dan magnesium yang penting untuk transmisi saraf. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang diperlukan untuk produksi asam Gamma Amino butirat, neurotransmitter.
  3. Roti Gandum. Roti gandum merupakan sumber penting dari energi yang dibutuhkan oleh otak untuk hampir semua fungsi serta lisin. Otak tidak bisa berkerja tanpa glukosa dan roti gandum merupakan sumber glukosa yang baik.
  4. Buncis dan kacang-kacangan lainnya. Kacang, kacang polong, lentil dan kacang-kacangan lain adalah sumber penting asam amino esensial serta vitamin B9, Besi dan Vitamin B1 yang semuanya diperlukan untuk fungsi otak yang tepat.
  5. Hati. Hati adalah sumber penting zat besi yang merupakan komponen penting hemoglobin. Hemoglobin merupakan transporter oksigen yang penting, sehingga melancarkan suplay oksigen ke otak. Hati juga mengandung semua vitamin yang diperlukan untuk fungsi otak.
  6. Buah Beri. Blackberry, raspberry dan berry lainnya merupakan sumber penting dari Vitamin C, antioksidan yang meremajakan sel-sel otak dengan menghilangkan radikal bebas dan memperbaiki pembuluh darah untuk transportasi oksigen yang cukup.
  7. Telur. Telur kaya akan lesitin dan fosfolipid yang penting dalam rekonstruksi neurilemma. Telur juga menyediakan asam amino penting yang diperlukan dalam sintesis neurotransmitter.
  8. Cokelat. Cokelat mengandung magnesium yang penting untuk transmisi saraf. Coklat juga mengandung amfetamin yang bertindak sebagai antidepresan.
  9. Daging Ayam. Daging Ayam memiliki semua asam amino esensial maupun asam lemak dan vitamin penting yang dibutuhkan untuk fungsi otak dan sintesis neurotransmitter. Daging ayam kaya akan lemak, baik mono dan ganda tak jenuh, yang merupakan komponen penting dari jaringan saraf.
  10. Brokoli. Brokoli adalah sumber magnesium serta vitamin C. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Magnesium diperlukan untuk neurotransmisi sedangkan vitamin C merupakan antioksidan kuat yang menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak sel otak.
  11. Teh. Seperti halnya coklat, teh mengandung antioksidan yang menghilangkan radikal bebas yang memiliki potensi untuk membahayakan neuron. Teh mengandung flavonoid yang merangsang fungsi otak.
  12. Alpukat. Alpukat merupakan sumber dari Vitamin E, yang juga berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi otak dari penuaan dini.
  13. Bayam. Sayuran ini merupakan sumber magnesium dan vitamin B9 yang baik yang penting untuk relaksasi otot dan pengembangan jaringan saraf. Vitamin B9 juga meningkatkan memori yang diperlukan untuk kecerdasan.
  14. Minyak Rapeseed. minyak rapeseed merupakan sumber alternatif yang baik untuk asam lemak Omega 3 yang seperti dijelaskan di atas merupakan konstituen penting dari sistem saraf, khususnya otak.
  15. Makanan Laut. Kerang, kepiting, udang, tiram, dan makanan laut lainnya merupakan sumber yang kaya mangan, tembaga, seng, lithium, dan yodium yang tidak hanya meningkatkan aktivitas metabolisme tetapi juga melawan kecemasan dan kelelahan mental. Makanan laut  juga kaya akan vitamin B12, serta asam amino esensial lisin yang diperlukan untuk sintesis dopamin.

Read more: http://factsandhealth.blogspot.com/2012/03/15-makanan-yang-dapat-meningkatkan.html#ixzz2DrbozCxl

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 58 other followers

%d bloggers like this: